Mengenai Lebih Dalam Mengenai Rekening Koran
Uncategorized

Mengetahui Lebih Dalam Mengenai Rekening Koran

Apakah kalian pernah mendengar mengenai rekening koran? Bagi yang belum tahu, rekening koran adalah informasi nasabah yang dicetak oleh bank. Walaupun hampir seluruh masyarakat sudah melakukan berbagai hal melalui online, tentu rekening koran masih dibutuhkan lho. Lalu, apa sajakan manfaat dan fungsi rekening koran?

Fungsi Rekening Koran

1. Memperoleh Informasi Transaksi

Pada dasarnya, rekening koran memiliki fungsi yang serupa dengan buku tabungan, yakni untuk mengetahui saldo awal bulan, mutasi debet, mutasi kredit, hingga saldo akhir bulan. Selain itu, nasabah juga akan mendapatkan informasi mengenai biaya administrasi serta bunga yang diperoleh setiap bulan.

2. Permohonan Visa

Setiap ingin pergi ke luar negeri, tentu kita akan membutuhkan visa. Sementara, salah satu syarat jika kita ingin tinggal di luar negeri ialah bukti keuangan, sebagai penunjuk bahwa kita memang mampu secara finansial saat ingin tinggal di suatu negara.

Diantara berbagai persyaratan yang diminta, print out rekening merupakan dokumen yang paling penting, agar negara yang akan memberi visa dapat mengetahui kepemilikan dana pemohon visa guna menghindari terjadinya hal-hal negatif di kemudian hari.

3. Pembuktian Hukum

Bagi yang senang berbelanja online, rekening koran sangat diperlukan sebagai bukti bila terjadi hal-hal negatif. Sebagai contoh, kamu membeli sebuah barang di sebuah toko online, tetapi barang yang kamu pesan tidak kunjung datang. Kemudian kamu bertanya kepada si penjual mengenai alasan kenapa barangnya tidak dirikim, namun si penjual justru mengaku bahwa ia belum menerima pembayaran mu.

Nah, rekening koran ini bisa dijadikan bukti mengenai apakah transaksi benar-benar sudah dilakukan atau belum. Apalagi bila kasus ingin kamu bawa melalui jalur hukum, kamu sudah memiliki bukti yang kuat.

4. Mengajukan Pinjaman

Saat ini mengajukan pinjaman memang sudah tidak perlu jauh-jauh ke bank lagi. Melakukan melalui online pun juga bisa. Hanya saja, baik itu mengajukan pinjaman melalui bank maupun melalui online, keduanya memiliki persyaratan yang sama, yaitu bukti rekening koran yang dimiliki oleh setiap pemohon pengajuan pinjaman dengan jangka waktu 3 – 6 bulan terakhir.

Meskipun begitu, tentu mengajukan pinjaman online jauh memiliki persyaratan dan prosedur yang lebih sederhana dan mudah dibandingkan mengajukan pinjaman di Bank.

Ingin mengetahui lebih banyak mengenai fungsi dan cara memperoleh rekening koran? Kunjungi saja https://www.cekaja.com/info/apa-itu-rekening-koran-arti-fungsi-dan-manfaatnya/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *