materi inklusi keuangan
Uncategorized

Materi Inklusi Keuangan dan Gerakan Kampanye dari Pemerintah

Sebelum terjun dan menjalin kerja sama dengan lembaga keuangan, ada baiknya pelajari dulu materi inklusi keuangan. Salah satunya tentang OJK dan gerakan kampanye yang selama ini dikenal oleh masyarakat. Selama ini, OJK berfungsi sebagai pengawas setiap transaksi atau interaksi antara nasabah dengan lembaga keuangan. Apa saja gerakan kampanyenya?

Menabung untuk Masa Depan

Dengan adanya kampanye ini, setidaknya OJK bisa membantu masyarakat agar bisa mengawasi keuangannya sendiri. Hidup hemat yang dilakukan secara luas bisa meminimalisir inflasi dalam negeri. Gerakan ini sebetulnya punya tujuan agar setiap warga segera mengantisipasi masa tua ketika sudah dipensiunkan dari pekerjaan.

Gerakan kampanye ini lahir dari kesadaran, bahwa hidup bahagia usai pensiun menjadi hak setiap warga Indonesia. Kadang, sebagian pekerja masih takut tidak bisa mencukupi kebutuhan ketika sudah tidak bekerja lagi. Oleh karena itu, hadirlah program pensiun seperti Jaminan Hari Tua atau JHT serta Jaminan Pensiun dari BPJS Ketenagakerjaan.

Gerakan ini bisa membantu warga agar lebih mengenal lagi manfaat dari literasi serta materi inklusi keuangan di Tanah Air. Selain BPJS Ketenagakerjaan, bisa pula dengan memanfaatkan DPLK atau Dana Pensiun Lembaga Keuangan. Namun sifatnya tidak wajib karena amat tergantung oleh kebijakan perusahaan tempat Anda bernaung selama bekerja.

Ayo Menabung Emas

Selain OJK, pemerintah juga mengkampanyekan gerakan inklusi keuangan lewat Pegadaian. Fokus gerakan ini agar lebih banyak dari masyarakat yang menyadari potensi investasi emas dibandingkan menabung dalam bentuk uang saja. Soalnya untuk satu gram emas saja bisa bernilai lebih dari 400 ribu Rupiah. Itu pun bisa naik seiring waktu.

Gerakan ini bisa diikuti oleh masyarakat secara luas. Baik dari kalangan bawah hingga kalangan atas. Syaratnya pun sangat mudah karena Anda hanya perlu mengisi formulir pendaftaran serta fotokopi KTP. Kalau disuruh memilih, maka potensi untung lebih tinggi jika Anda membelanjakan uang untuk menabung emas dalam bentuk batangan.

Yuk Nabung Saham

Kalau kampanye ini gencar dilakukan oleh BEI atau Bursa Efek Indonesia. Tujuannya agar masyarakat luas bisa lebih memahami manfaat dari inklusi keuangan, terutama terkait keuntungan berpartisipasi di pasar modal. Sejauh ini, jumlah investor aktif yang bergerak di bidang investasi saham telah mencapai lebih dari 30%.

Ketika Anda menabung saham, maka saat terjadi inflasi, nilai harta Anda tidak akan menurun sebagaimana uang yang beredar secara luas. Investasi saham juga bisa memberikan keuntungan untuk Anda di masa depan soalnya diprediksi terus tumbuh. Dengan begitu, impian Anda hidup nyaman di masa depan pun sudah terjamin dengan cara ini.

Modal untuk membuat tabungan saham tergolong mudah. Modalnya hanya 100 ribu Rupiah. Ketika hendak mendaftarkan diri, siapkan dokumen seperti NPWP, fotokopi KTP, materai, serta halaman depan buku tabungan. Harap pilih perusahaan sekuritas terbaik dan terpercaya. Terakhir, setor nomor rekening Anda untuk memulai investasi saham saat itu juga.

Menabung di SimPel atau SimPel iB

SimPel atau Simpanan Pelajar sangat berguna untuk masa depan pendidikan anak. Saat ini semua bank konvensional sudah menyediakan tabungan jenis ini. Untuk berpartisipasi tergolong mudah. Soalnya Anda hanya perlu menyetor dana awal serta tabungan per bulan tidak sampai 10 ribu Rupiah. Proses penarikannya pun sangat cepat.

Baca juga: Apa Saja Ketentuan Pengajuan Kartu Kredit Citibank Untuk Pemula

Cara lainnya bisa dengan menggunakan fasilitas pinjaman online sebagai instrumen dari inklusi keuangan populer saat ini. Salah satunya bisa Anda ajukan lewat CekAja. Selain prosesnya mudah, bunganya juga relatif kecil.

Setidaknya dengan mempelajari materi inklusi keuangan, Anda jadi lebih mudah mengantisipasi kebutuhan keuangan sehari-hari. Kalau Anda ingin mengetahui materi lebih lanjut tentang inklusi keuangan, silakan simak https://www.cekaja.com/info/mengenal-inklusi-keuangan-pengertian-manfaat-dan-inovasinya-untuk-negara/ di CekAja.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *