18. Inilah 4 Siasat Cicilan Kartu Kredit yang Wajib Dipraktikkan
Kartu Kredit

Inilah 4 Siasat Cicilan Kartu Kredit yang Wajib Dipraktikkan

Anda tertekan karena biaya kartu kredit yang terus meningkat? Pusing mencari dana hingga mendekati stres? Jangan takut karena ada 4 siasat cicilan kartu kredit yang sangat ampuh untuk anda praktikan. Seperti sudah anda ketahui, dibalik manfaat besar dari kartu kredit, ada resiko besar pula yang mengintai anda. Dalam hal ini, anda harus memastikan kalau anda tidak menyepelekan pembayaran kartu kredit karena bunganya akan terus bertambah.

Sebagai tindakan preventif, pastikan anda menggunakan kartu kredit dengan bijaksana. Jangan melakukan pembelian untuk hal-hal yang tidak terlalu penting. Hal ini akan membuat kondisi keuangan anda semakin buruk. Lakukan pembelian hanya untuk hal hal yang penting dan memang anda butuhkan. Untuk anda yang sudah terlanjur terperangkap utang, inilah 4 siasat cicilan kartu kredit yang wajib anda praktikan.

Bayar Tagihan dengan Cukup, Hindari Kurang Bayar atau Minimum Payment

Dalam dunia penagihan kartu kredit dikenal istilah minimum payment. Minimum payment ini biasanya dibebankan sebesar 10% dari total tagihan yang harus anda bayar. Misalkan anda memiliki cicilan sebesar 11.000.000. Lalu karena anda tidak memiliki uang, anda memutuskan untuk membayar minimum payment sebesar 1 juta saja. Maka bulan depannya anda harus membayar tagihan pokok dalam rumus “cicilan pokok + sisa bulan lalu + (sisa bulan lalu x cas 3,5%)”.

Jadi total tagihan yang harus anda bayar pada bulan tersebut adalah “11 juta + 10 juta + 350 ribu = 21.350.000. Jika minimum payment ini anda lakukan lagi di bulan selanjutnya, maka angka ini akan semakin meningkat. Tak heran jika saat ini ada banyak orang yang stress akibat terlilit hutang kartu kredit. Pastikan anda menghindari kondisi seperti ini sedini mungkin.

Jangan Sampai Anda Membayar Lewat Jatuh Tempo

Siasat cicilan kartu kredit selanjutnya adalah pastikan anda membayar tepat waktu. Setiap peminjaman kartu kredit pasti memiliki tanggal jatuh tempo. Setiap bulannya anda akan mendapatkan notifikasi dari pihak Bank entah itu melalui sms, email, telepon surat, atau cara lain. Bagi anda yang tidak ingin terkena masalah, pastikan anda melakukan pembayaran tepat waktu sebelum jatuh tempo.

Di dalam kartu kredit ada tanggal cetak dan tanggal jatuh tempo. Hal yang harus anda perhatikan adalah tangga jatuh temponya. Pastikan anda mempertimbangkan tangga jatuh tempo ini dengan baik. Jika anda sampai telat dalam melakukan pembayaran, anda akan dikenakan denda sebesar 3% dari total cicilan yang anda miliki.

Auto Debit Bisa Jadi Siasat Cicilan Kartu Kredit yang Mujarab

Cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan menerapkan metode auto debit. Metode satu ini akan secara otomatis memangkas dana yang ada di rekening anda untuk pembayaran kartu kredit anda. Terdengar simple, tapi ada banyak orang yang tidak menginginkan metode satu ini karena seringkali bertabrakan dengan kebutuhan mereka. Akan tetapi, fitur auto debit ini akan menghindarkan anda dari resiko terjadinya keterlambatan dalam pembayaran.

Auto debit ini sendiri bisa anda aktifkan dengan mengunjungi bank tempat anda mengajukan kartu kredit. Anda bisa meminta pihak Bank melakukan auto debit pada tanggal anda menerima pembayaran atau gaji. Kalau terlalu riskan untuk melakukan pembayaran pada saat gajian, anda bisa juga mengaktifkan auto debit ini beberapa hari setelah tanggal cetak tagihan kartu kredit anda.

Anda Bisa Juga Melakukan Aktivasi Email Notifikasi Untuk Mencegah Keterlambatan

Untuk mencegah keterlambatan pembayaran, anda bisa melakukan aktivasi penagihan via email. Hal ini banyak dilakukan oleh mereka yang sibuk. Penagihan yang dilakukan via email akan lebih memudahkan anda untuk mengakses informasi dengan cepat dan bisa menghindarkan anda dari resiko telat bayar. Hal inilah yang menjadi bunga, juga bisa merusak kredibilitas anda di mata perbankan.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan bagi anda yang sedang bingung menyiasati tagihan kartu kredit anda. Perlu anda tahu, kartu kredit ini sebenarnya bukan kebutuhan primer. Lakukan pembelian kartu kredit hanya jika anda benar benar sedang berada dalam urgensi. Pastikan juga anda menggunakannya dengan baik jika sudah berada di tangan.

Selain itu, agar tidak telat bayar Anda bisa mengunjungi https://www.cekaja.com/kartu-kredit untuk mendapatkan informasi tagihan kartu kredit dan hal lainnya secara lengkap di website tersebut. Sehingga siasat cicilan kartu kredit Anda bisa berhasil dan terhindar dari denda dari kartu kredit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *