bayar kartu kredit
Info dan Tips Kartu Kredit

Hal-hal yang Perlu diperhatikan ketika Membayar Kartu Kredit

 

Tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan kartu kredit memang membuat transaksi masyarakat menjadi jauh lebih mudah. Sudah tidak perlu lagi ngambil uang di ATM atau nunggu gajian dulu untuk membeli suatu barang yang bersifat mendesak.

Hanya saja, kemudahan dari penggunaan kartu kredit tersebut membuat banyak orang yang terlena dan mengabaikan pembayaran sehingga terkadang bunga pun semakin membengkak dan anda menjadi kewalahan untuk membayar.

Walaupun anda sudah lama menggunakan kartu kredit, namun belum tentu anda sudah mengetahui trik-trik atau tips pembayaran kartu kredit yang baik dan benar. Jika anda masih bingung, yuk kita simak bersama-sama mengenai apa yang baik dan apa yang keliru dalam melakukan pembayaran kartu kredit.

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika membayar kartu kredit

Hal yang benar dilakukan:

1. Selalu melunasi hutang

Salah satu solusi terhindar dari hutang yang besar ialah dengan selalu tepat waktu dalam melunasi hutang. Ketika sudah waktunya gajian, sisihkanlah sebagian penghasilan anda untuk membayar cicilan, dan selalu disiplin lah dalam membayar hingga hutang tersebut lunas.

Ketika anda baru saja membeli suatu barang yang cukup mahal, usahakan lah untuk fokus membayar cicilan barang tersebut sebelum anda memutuskan  untuk membeli barang lainnya, sehingga fokus anda dalam membayar pun tidak akan terpecah.

2. Utamakan tagihan dengan bunga terbesar

Mungkin banyak dari anda yang lebih mengutamakan tagihan yang kecil dulu karena jauh lebih mudah dan terjangkau sehingga terkadang tagihan yang paling besar justru sering kali diabaikan.

Sebenarnya yang paling benar ialah untuk mengutamakan tagihan dengan bunga yang paling besar terlebih dahulu. Hal tersebut dikarenakan, dengan begini maka tagihan tersebut tidak akan semakin membesar.

Jika anda menunda pembayaran, maka dapat dipastikan bunga akan semakin besar dan hal tersebut justru akan membuat anda semakin kesulitan dalam melunasi. Maka dari itu, guna menghindari tagihan yang semakin membengkak, ada baiknya bila ada mengutamakan untuk membayar tagian dengan bunga terbesar terlebih dahulu.

3. Cari pemasukan tambahan

Ada kalanya cicilan kartu kredit justru melebihi dari pendapatan bulanan anda. Walau begitu, tentu saja tagihan tetap harus dibayar bukan? Maka dari itu, salah satu solusinya ialah dengan mencari pemasukan tambahan.

Anda bisa membuat bisnis kecil-kecilan, kerja freelance atau melakukan hal-hal yang senang anda lakukan tetapi juga dapat mendatangkan uang.

Hal yang keliru untuk dilakukan:

1. Membayar tagihan dengan uang kantor

Salah satu hal yang sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan. Meski ada beberapa kantor yang memberikan fasilitas soft loan bagi karyawannya, usahkan agar anda jangan memanfaatkan fasilitas ini untuk membayar hutang pribadi anda.

Menutup hutang lama dan membuka hutang baru merupakan hal yang sangat tidak dianjurkan. Apalagi jika sampai kantor mengetahui hal ini. Bisa jadi anda langsung kehilangan kepercayaan atasan dan dianggap tidak bisa mengelola uang dengan baik.

2. Membayar tagihan dengan uang pensiun

Ketika anda sudah memasuki masa pensiun, bisa jadi anda sudah tidak bisa seproduktif dulu dan mendapatkan penghasil tetap pun akan semakin sulit. Jangan sampai masa pensiun anda yang makmur berubah jadi bencana hanya karena melunasi hutang-hutang, dan jangan sampai pula kesalahan yang anda lakukan justru merepotkan anak dan cucu.

3. Selalu membayar dengan jumlah minimum

Bank penerbit kartu kredit biasanya memberikan fasilitas bagi anda untuk melakukan pembayaran minimum agar nasabah juga tidak terkena denda keterlambatan.

Meski sudah terdapat peraturan yang melarang bank untuk mengenakan perhitungan bunga ber bunga, fasilitas ini sering kali membuat masyarakat menjadi terlena, sehingga tagihan pun semakin membengkak.

Perlu diperhatikan bahwa menggunakan kartu kredit sama saja dengan memiliki hutang yang wajib dibayar, sehingga anda pun tidak bisa menggunakannya secara bebas dan harus disesuaikan dengan penghasilan per bulan, agar anda tidak akan kesulitan dalam membayar.

Selain itu, yang perlu diperhatikan lagi ialah menggunakan kartu kredit juga memiliki bunga yang akan dibebani per bulan. Semakin lama anda menunda membayar hutang, maka akan semakin tinggi bunga yang akan terbebani.

Maka dari itu, sebelum membuat kartu kredit ada baiknya bila anda mencari tahu terlebih dahulu mengenai beban suku bunga dari setiap bank atau portal pinjaman online lainnya agar beban anda dalam membayar pun juga semakin berkurang.

Jika anda bingung untuk memilih jenis kartu kredit apa yang terbaik, kunjungi saja CekAja.com. Di CekAja.com anda dapat melakukan perbandingan mengenai kartu kredit apa yang paling sesuai dengan kebutuhan anda beserta keuntangan dari setiap kartu kredit tersebut.

Selain melakukan perbandingan, anda pun juga bisa mengajukan pembuatan kartu kredit. Dijamin prosesnya jauh lebih cepat dan mudah, Bingung memilih kartu kredit yang sesuai? di CekAja.com aja.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi https://www.cekaja.com/kartu-kredit

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *