Info dan Tips Kartu Kredit

Beberapa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengajuan Kartu Kredit BRI

Apabila Anda adalah salah seorang nasabah yang pengajuan kartu kreditnya selalu ditolak oleh pihak bank, terutama pada bank BRI, maka Anda perlu mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi pengajuan kartu kredit BRI tersebut. Seringkalinya penolakan yang dilakukan pihak bank tidak disertai penjelasan secara detail. Hal tersebutlah yang sering membuat banyak orang bingung dan geram ketika gagal mengajukan kartu kredit.

Penolakan kartu kredit oleh pihak bank akan terasa semakin menyebalkan, ketika Anda sedang membutuhkan dana cepat tersebut. Apabila sebelumnya Anda merasa syarat akan pengajuannya sudah dipenuhi, lantas mengapa proses pengajuan tersebut masih ditolak? Jika memang demikian, mungkin ada beberapa hal yang dilewatkan. Coba cermati kembali beberapa syarat dan ketentuannya.

Peran Penting Identitas Pribadi

Salah satu kartu identitas yang dibutuhkan untuk proses pengajuan kartu kredit yaitu KTP (Kartu Tanda Penduduk). KTP merupakan identitas resmi yang berfungsi sebagai bukti diri apabila seseorang adalah penduduk Indonesia. KTP diterbitkan oleh pihak instansi pemerintah dan berlaku di seluruh wilayah Indonesia. KTP bisa didapatkan apabila seseorang sudah berumur 18 tahun.

KTP merupakan dokumen penting dan resmi yang diperlukan dalam banyak hal dan merupakan salah satu dari faktor-faktor yang mempengaruhi pengajuan kartu kredit BRI. Oleh sebab itu, tidak aneh apabila bank memasukkan KTP pada daftar utama persyaratan kredit. Pemberian fasilitas kredit bisa didapatkan setelah dilakukannya identifikasi dan persetujuan antar dua belah pihak. Begitu pun ketika proses peminjaman uang.

Selain KTP, hal berikutnya yang perlu Anda cermati ketika mengajukan kartu kredit yaitu wilayah domisili atau tempat tinggal. Walau syarat yang kedua ini tidak tercantum di setiap formulir aplikasi kartu kredit, namun informasi wilayah domisili sangat berpengaruh untuk semua pengajuan kredit. Ada beberapa wilayah yang tidak memungkinkan untuk mendapatkan kartu kredit.

Perlu diingat, tidak semua daerah dapat dijangkau oleh bank yang Anda pilih. Selain itu, pihak bank juga sangat selektif terhadap aplikasi yang diajukan para nasabahnya yang berdomisili di luar jangkauan wilayah. Usahakan mengajukan pembuatan kartu kredit di bank penerbit sesuai domisili. Anda bisa mengetahui kota-kota yang sudah termasuk wilayah kartu kredit melalui nomor call center.

Informasi pribadi selanjutnya yang penting untuk diperhatikan yaitu telepon rumah alias fix line. Sekarang ini banyak orang yang malah menyepelekan masalah telepon saat apply kartu kredit. Padahal telepon fix line sangat penting bagi analyst credit. Peran utamanya yaitu dapat memberikan gambaran bahwa Anda bukan orang yang nomaden.

Penghasilan Minimum Akan Memengaruhi Persetujuan Bank

Pada dasarnya setiap bank memiliki kebijakan di mana maksimum cicilan pinjaman tidak boleh melebihi persentase tertentu, misal 30% dari penghasilan bulanan. Apabila berdasarkan analisa ditemukan porsi cicilan terhadap penghasilan di atas batas yang ditentukan, maka pengajuan akan ditolak. Umumnya bank akan menentukan minimum penghasilan Rp 6.000.000,- sebulan.

Selama proses pengajuan kartu kredit, pihak bank akan mengkaji serta memverifikasi jumlah penghasilan orang tersebut. Oleh sebab itu, sebelum melakukan pengajuan, calon peminjam sebaiknya memastikan jumlah penghasilan yang didapat dalam sebulan telah memadai untuk membayar cicilan pinjaman. Pastikan data yang Anda berikan juga data yang valid.

Kemudahan Proses Kredit Online

Beberapa hal yang telah disebutkan di atas merupakan syarat penting yang seringkali diabaikan oleh calon peminjam. Walau Anda sudah memiliki semua dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan, cermati kembali data yang Anda berikan kepada pihak bank. Bisa saja data yang Anda tuliskan di data formulir pengajuan kartu kredit salah.

Di zaman modern seperti sekarang, pengajuan kartu kredit juga bisa dilakukan secara online. Jika sebelumnya pengajuan kredit dilakukan dengan cara menuju bank terdekat, namun saat ini Anda cukup memanfaatkan penggunaan internet. Beberapa aplikasi yang bisa Anda install di smartphone juga sudah ada yang menyediakan layanan pengajuan beragam produk keuangan seperti kartu kredit.

Apabila Anda masih penasaran dengan informasi seputar penggunaan kartu kredit ini, Anda bisa mengetahui informasi lengkapnya melalui situs https://www.cekaja.com/banks/bri/kartu-kredit untuk mengecek produk kartu kredit BRI dan untuk pengajuan atau apply kartu kredit BRI secara online. Lewat laman tersebut, akan dibahas secara dalam juga mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pengajuan kartu kredit BRI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *